Jumat, 07 Januari 2011

Fujifilm FinePix Real 3D W3 – Kamera 3D Pertama di Dunia yang Mampu Merekam Film 3D HD



 Artikel: 2

  Fujifilm FinePix Real 3D W3 tampaknya diposisikan Fujifilm sebagai jangkar perusahaan mereka di tengah pusara peralatan bersifat 3D yang tengah merebak di dunia. Beberapa tahun terakhir ini teknologi 3D memang berkembang sangat pesat. Mulai dari film-film bioskop, TV 3D, termasuk “kamera biasa” yang mampu menghasilkan gambar 3D yang diluncurkan Fujifilm. Namun begitu, kamera ini tak hanya mampu memotret gambar diam dalam mode 3D, namun juga dapat merekam video dengan mode yang sama. 

Kamera Fujifilm FinePix Real 3D W3 merupakan seri terbaru dari kamera 3D sebelumnya yang dibuat oleh pabrikan asal Jepang tersebut, yaitu seri W1. Sebagai seri terbaru, W3 tentunya mengalami berbagai peningkatan dibandingkan dengan pendahulunya. Jika pada seri W1 MDers hanya mampu merekam video 3D beresolusi 320 x 240 piksel dengan kecepatan 30 frame per detik, seri W3 mampu merekam video 3D dengan resolusi High Definition (HD) sebesar 1280 x 720 piksel dengan 24 frame per detik. Sementara jika ingin menghasilkan video dengan kecepatan 30 frame per detik, W3 mampu menghasilkan resolusi maksimal sebesar 640 x 480 piksel. Hal tersebut dimungkinkan berkat penggunaan processor 3D RP (Real Photo) terbaru yang ditanamkan dalam seri W3 ini.
Selain itu, Fujifilm FinePix Real 3D W3 juga dibekali layar Autostereoscopic sebesar 3,5 inch, lebih besar dibandingkan seri W1 yang berukuran 2,8 inch. Dengan layar ini, MDers dapat langsung melihat foto atau video 3D yang MDers ambil tanpa perlu menggunakan kacamata khusus. Namun jika memerlukan gambar yang lebih besar dan detail, MDers juga dapat langsung menghubungkannya ke TV 3D melalui koneksi HDMI via kabel HDMI high-speed 1.4. Sementara untuk foto 3D, MDers dapat melihat hasil bidikan dengan mencetaknya pada kertas 3D khusus. Hasil ini akan tampil cantik dalam album foto, atau diberi bingkai dan ditempel di dinding rumah.
Kemampuan memotret dan merekam video dalam format 3D pada Fujifilm FinePix Real 3D W3 ini diperoleh berkat gabungan dua buah lensa Fujinon dan dua buah sensor CCD di dalamnya. Kamera ini akan mengambil dua gambar secara bersamaan dari dua lensa terpisah dalam jarak 75 mm, seperti jarak antara kedua bola mata manusia. Dengan teknologi “lenticular”, nantinya tampilan mata kanan dan kiri yang terpisah tersebut dijalin dalam permukaan yang berkerut untuk menciptakan ilusi stereoskopik 3D.  
Fleksibelitas dan Fitur Lain
  Jika anda tidak ingin mengambil foto dalam format 3D dan ingin beralih ke mode 2D seperti kamera biasa, anda hanya perlu menekan tombol 2D-3D yang berada di bagian bawah kamera untuk berpindah mode, begitupun sebaliknya.

Fitur lain Fujifilm FinePix Real 3D W3 yang tidak kalah menarik adalah “Super Intelligent Flash”. Dengan fitur ini, W3 dapat menghasilkan gambar yang baik tanpa takut latar belakang menjadi gelap, seperti yang biasa terjadi jika menggunakan flash biasa. Selain itu, Fujifilm FinePix Real 3D W3 juga memiliki fitur unggulan lain berupa efek 2D Special dengan menggunakan fungsi 'Simultaneous Shooting'. Namun untuk kualitasnya sendiri masih tetap sama dengan pendahulunya, yaitu sebesar 10 megapiksel dengan kemampuan perbesaran sampai 3x optical zoom. Kabarnya, kamera berdesain kompak dengan bobot 230 gram ini akan dibandrol seharga 400 poundsterling, dan akan mulai tersedia pada akhir triwulan ke-3 tahun.

·         3D Movie (720p) dan foto 3D
·         3D playback instan build-in High Contrast, 3.5” 3D LCD
·         Direct Connection via kabel HDMI high-speed 1.4(Type A-Type C) ke merek apapun
·         Dua ½.3” 10 Megapixel CCD
·         Dua lensa Fujinon 3x optical zoom
·         Prosesor 3D RP(REAL PHOTO) HD
·         Ukuran kompak dan ringan demgam bobot 230gram
·         Efek 2D Special dengan menggunakan fungsi Simultaneous Shooting




Tidak ada komentar:

Posting Komentar