Jumat, 07 Januari 2011

3Dimensi TV: Menonton Tayangan 3D Tanpa Kacamata


Artike:1

Teknologi 3D yang akan ditanamkan pada 3D TV Sony dan Tohsiba tersebut memiliki sistem pencitraan gambar terpisah yang akan memancarkan cahaya dari beberapa sudut berbeda. Nantinya, otak kita bertugas untuk menyusun kembali gambar-gambar yang terpisah tersebut tanpa memerlukan kacamata khusus, dan menghasilkan gambar 3D yang seolah memiliki kedalaman ruang.
Teknologi baru tersebut juga memungkinkan kita untuk menikmati efek 3D dari beberapa posisi menonton tanpa membuat mata kelelahan. Namun yang perlu dikaji lebih jauh, berapakah jarak yang ideal untuk menonton 3D TV Sony dan Toshiba tanpa kacamata tersebut, karena mungkin penerimaan otak pada jarak 3 meter akan berbeda dibandingkan dengan yang menonton dari jarak 5 meter misalnya. Dengan demikian, kualitas gambar 3D yang dihasilkan pun akan berbeda juga.
Benar-benar terasa efek 3 dimensinya, dan benar-benar luar biasa!!!
Ingin tahu bagaimana teknologi itu bekerja. Dalam situs web Phillip dijelaskan sebagai berikut:
A sheet of transparent lenses, is fixed on an LCD screen. This sheet sends different images to each eye, and so a person sees two images. These two images are combined by our brain, to create a 3D effect. Because the sheet is transparent, it results in full brightness, full contrast and true color representation.
Secara sederhananya, masukan melalui dua mata kita itulah yang diolah oleh otak kita dan akhirnya membuat persepsi 3 dimensi. Pada film 3 dimensi generasi lama, penonton harus mengenakan kacamata untuk memisahkan 2 gambar yang berbeda, sehingga masing-masing bisa dilihat dengan mata kiri dan kanan dengan tepat. Pada teknologi yang ditawarkan Phillips ini, satu lapisan tipis dan transparan yang ditanamkan pada LCD menggantikan fungsi tersebut.
Memang, film yang tidak dirancang untuk tayangan 3 dimensi tidak memungkinkan untuk ditayangkan secara 3 dimensi. Film harus dibuat khusus untuk tayangan 3 dimensi. Buat anda penggemar GAMES, ini satu teknologi yang menarik yang akan membuat bermain GAMES


Tidak ada komentar:

Posting Komentar